PETUALANGAN DALAM PERSPEKTIF


Dalam banyak kesempatan dunia semakin menyempit dengan langkah manusia yang semakin melebar. Entah mengapa arti dari sebuah petualangan selalu berbuah pengertian yang dalam untuk diri. Kerangka diri selalu mencari-cari kesibukan dengan memanfaatkan segala indera yang dianugerahi kepada manusia. Pandangan demi pandangan, rasa demi rasa, memuncak jadi satu untuk melepas langkah untuk memindahkan posisi kita dari satu titik ke titik lain.

Kehidupan memang begitu rumit untuk dicerna apabila kita memperhatikan segala perbedaan yang muncul dari segala penjuru dunia. Dimanakah sebuah batas formalitas kehidupan ?? Saya rasa semua orang mencari jawaban itu dengan cara membuat peraturan di sana sini untuk menemukan hal tersebut. Petualangan adalah salah satu aspek kehidupan yang tak bisa dipungkiri saat ini terjebak dalam arena itu. Padahal dalam pandangan hasil filosofis saya, selama ini kita tidak bisa menemukan sesuatu yang baru apabila kita tidak bisa melewati batas formalitas yang telah ditentukan. Karena pada dasarnya sesuatu yang formal selalu bersumber dari sesuatu yang sudah ada. Pertanyaan selanjutnya yang sangat penting, lalu ada apa dengan Petualangan ? Petualangan entah dari jaman dulu atau jaman sekarang harusnya mampu membangun sebuah kerangka diri yang baik untuk menjaga kehidupan ini bebas dalam segala keteraturan.

Saya merasa sakit dengan adanya kesalahan, saya merasa perih dengan adanya kebenaran. Adakah penjelasan untuk itu ?? Langkah kita memang hanya kecil namun kekuatannya bisa mencapai Cakrawala dalam pandangan masa lalu. Perihal petualangan memang selalu menjadi penjelasan yang panjang diakibatkan rasa yang terbangun sangat berbeda dalam ruang tersebut. Namun bukankah hal itu yang membuat kita duduk santai bertopik ria dalam pengalaman yang diibaratkan dengan garam.

Kerangka diri yang mana disuguhi dengan jiwa yang sehat adalah suatu keberadaan pasti dalam dunia. Entah dimana keberadaan itu menjadi pertanyaan tiap orang dan mereka punya jawaban masing-masing. Dimanakah petualangan yang sebenarnya, hal ini juga punya jawaban yang berbeda-beda dari masing-masing orang. Tapi pada dasarnya mereka akan terbangun dari sisi baik dan sisi buruknya. Dua sisi inilah yang akan mendukung petualangan untuk mencapai suatu yang tidak ada maupun ada di pikiran kita.

Sukses selalu berbuah bahagia, namun suatu kebahagiaan tidak akan sejati tanpa suatu Petualangan. Karena petualangan di bangun atas unsur kesengsaraan dan kesenangan yang kita terima dengan sederhana dan apa adanya.  

This entry was posted on Monday, January 9, 2012 and is filed under ,. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

2 Responses to “PETUALANGAN DALAM PERSPEKTIF”

  1. mantab kaka ... petualangan adalah jendela dunia
    #asal bukanji berpetualang di dunia maya ... wkwkwkkwk

    ReplyDelete
  2. ya kayak jendelanya dora the explorer !!! hahahaha

    ReplyDelete